Senin, 05 Maret 2012

Lukisan Pablo Picasso berjudul Anak kecil dan Merpati Dijual


Lukisan Pablo Picasso berjudul Anak kecil dan Merpati yang sudah sejak tahun 1970 berada di Inggris akan segera dijual dan kemungkinan akan berpindah ke negara lain.
Saat ini lukisan tersebut memang menjadi barang koleksi pribadi milik keluarga Aberconway di Wales.
Lukisan itu diperkirakan saat ini bernilai US$79 juta atau sekitar Rp
720 miliar lebih.
Rumah lelang Christie membenarkan mereka telah diminta untuk mencari pembeli lukisan tersebut.
Bagi pencinta karya Picasso, lukisan ini dinilai mempunyai nilai tersendiri karena merupakan salah satu karya awal pelukis asal Spanyol itu.


Lukisan berjudul Anak kecil dan Merpati ini dikerjakan oleh Picasso saat dia berusia sekitar 19 tahun dan tengah berada di Paris.
Saat ini lukisan itu tengah dipamerkan di Museum Tate Britain.
Pada tahun 1970-an lukisan itu sempat ditepatkan pada Galeri Nasional di London dan baru tahun lalu Courtauld Galerry meminjam lukisan itu untuk dipamerkan kepada pencinta seni Inggris.
Keputusan keluarga Aberconway yang ingin menjual lukisan tersebut membuat kemungkinan pencinta seni Inggris tidak akan lagi bisa menikmati karya Picasso tersebut.
Hampir semua galeri di Inggris tampaknya kesulitan untuk bisa membeli lukisan itu jika harga yang ditawarkan memang Rp720 miliar rupiah.
Galeri Nasional yang diharapkan mampu membeli lukisan itu tampaknya juga tidak mampu memenuhi permintaan harga yang ditawarkan.
Mereka mengatakan baru saja mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan lukisan karya Titian berjudul Diana dan Callisto yang sebelumnya juga terancam meninggalkan Inggris karena dijual pemiliknya, Duke of Sutherland.(bbc)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Unik tapi Nyata Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger