Senin, 09 Januari 2012

Awas Flu Burung

Shutterstock
Ilustrasi
 
Indonesia saat ini masih belum bebas dari penyebaran virus H5N1 atau flu burung, pada hari sabtu tanggal 7 Januari 2012  PDY 23 tahun, warga Jalan Baru Ancol Selatan RT 10/6 No 30 Sunter Agung, Tanjungpriok, Jakarta Utara meninggal dunia akibat flu burung. Pria yang kesehariannya bekerja sebagai tukang las di Sunter Garden, Jakarta Utara ini memiliki peliharaan unggas berjenis burung merpati di sekitar tempat tinggalnya.

virus flu burung mulai menyebar di indonesia pada tahun
2005 di Tangerang. Dari data kementerian kesehatan, kasus flu burung pada tahun 2010 sebanyak sembilan kasus sedangkan pada tahun 2011 sebanyak 11 kasus. "Flu burung tentu saja ada saja kemungkinannya untuk naik. Kita tetap antisipasi artinya kebersihan dan sanitasi peternak. Ada 10 rumah sakit yang ada kamar isolasinya atas bantuan WHO waktu itu, itu juga kita lengkapi," demikian ujar Endang Rahayu.

Deputi Kesehatan dari Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat Emil Agustiono mengatakan, Indonesia siap memproduksi vaksin H5N1 dengan adanya penyerahan bibit vaksin flu burung itu dari Universitas Airlangga, Surabaya.
Emil Agustiono menjelaskan, "Pemerintah Indonesia telah mempersiapkan pembuatan vaksin H5N1 pada manusia. Saat ini seed vaccine-nya sudah dibuat oleh UNAIR (Universitas Airlangga, red.) dan dilanjutkan kepada direksi bio farma untuk diproduksi nantinya setelah melalui berbagai macam uji klinik."


Demi melindungi diri agar tidak tertular Flu Burung, hendaknya masyarakat:
1.Tidak menyentuh unggas yang sakit atau mati. Jika terlanjur, segera bersihkan tubuh dengan sabun. Langsung laporkan kejadian tersebut pada RT/RW atau Kepala Desa,
2.Menggunakan air dan sabun untuk mencuci tangan dan peralatan masak. Masak unggas dan telur unggas hingga matang,
3.Memisahkan unggas dari manusia. Pisahkan unggas baru dari unggas lama selama 3 minggu,
Memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit (terutama rumah sakit rujukan pemerintah) jika mengalami gejala flu dan demam, terutama setelah berdekatan dengan unggas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Unik tapi Nyata Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger