Kamis, 19 Januari 2012

Al Quran Terbesar di dunia dari Afganistan



Setelah 5 tahun lamanya akhirnya, Ahli kaligrafi bernama Mohammad Sabir Khedri bersama sembilan mahasiswanya berhasil menciptakan Al-Qur’an terbesar di dunia. Kitab suci umat Islam ini terdiri dari 218 halaman yang terbuat dari kain dan kertas yang beratnya mencapai 500kg. Kitab suci ini dibalut sampul kulit yang terbuat dari 21 kambing dan menelan biaya pembuatan
US$500 ribu (Rp4,5 miliar).


Para penulis kaligrafi Afghanistan berhasil membuat Alquran terbesar di dunia. Alquran tersebut dipamerkan di sela-sela pembukaan perpustakaan Hakim Nasir Khosrow Balkhi di Kabul, Afghanistan, 12 Januari lalu. Menurut pusat budaya Kabul, kitab raksasa yang berukuran 2,28mx1,55m ini telah mendapat sertifikasi sebagai Al-Qur’an terbesar di dunia dari Kementerian Haj Afganistan dan Badan Keagamaan seperti dilaporkan ST. Karya ini untuk menunjukan bahwa peradaban islam Afghanistan tidak musnah meski di landa perang selama 30 tahun.

Sang ahli kaligrafi, Mohammad Sabir Khedri mendesain sekitar laman Al-Quran dengan memadukan skrip emas dengan jutaan titik warna-warni yang membentuk dokarasi simbolis.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Unik tapi Nyata Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger