Minggu, 26 Februari 2012

uji emisi mobil Esemka




Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong Tangerang Selatan, Banten, menyiapkan tiga penguji untuk melakukan uji emisi mobil Esemka dengan jenis SUV (Sport Utility Vehicle) yang merupakan buah karya anak-anak SMK Negeri 2 Solo bernomor polisi AD 1 A.


"Ada tiga orang yang akan melakukan uji emisi terhadap mobil Esemka jenis SUV," kata Direktur Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi pada Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) Serpong, Prawoto, Senin.

Mobil Esemka Hari Ini Uji Emisi

Ia mengatakan, uji emisi merupakan bagian dari salah satu syarat bagi kendaraan baru yang nantinya akan di produksi secara massal dan dinyatakan layak jalan.

Uji emisi pun bertujuan untuk memastikan bila kandungan yang dihasilkan dari kendaraan tersebut aman dan ramah lingkungan.

"Maka, nantinya akan diambil kandungan emisinya yang dihasilkan setelah melakukan perjalanan. Bila memenuhi syarat, maka dinyatakan lolos uji emisi," katanya.

Untuk proses uji emisi sendiri, akan berlangsung selama tiga puluh menit. Saat ini, mobil esemka dalam proses pendinginan. Rencananya, uji emisi akan dilaksanakan jam 1 siang.

"Mobil ini datang sekitar jam 7 pagi dan sekarang lagi dilakukan pendinginan sebelum dilakukan uji emisi," katanya.

Wakil Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, mengatakan bila pihaknya akan merasa yakin bila mobil Esemka akan lolos dalam uji emisi.

Namun, bila nantinya dalam uji emisi dinyatakan tidak lolos, maka pihaknya akan mencoba kembali dan mempertanyakan permasalahannya.

"Mobil ini adalah produksi dalam negeri dan yang melakukan pengujian pun orang indonesia. Jadi, sangat besar untuk lolos uji emisi," katanya.

Sebelumnya, mobil Esemka tiba di Jakarta pada hari Sabtu (26/2) setelah menempuh perjalanan sejauh 700 kilometer dari Surakarta pada hari Jumat (24/2) dengan dikendarai langsung oleh anggota DPR Roy Suryo dan Wakil Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Unik tapi Nyata Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger