Rabu, 04 April 2012

Kapal Selam tenaga Nuklir jadi Kekuatan baru Militer India

Unik Asik_Pada tanggal 4 April, India akan menjadi negara keenam di dunia yang mengoperasikan kapal selam bertenaga nuklir setelah Amerika Serikat, Cina, Rusia, Inggris dan Prancis. Induksi Chakra INS II, sebuah kapal selam buatan Rusia kelas Akula II serangan kapal selam (SSN) secara substansial akan mengubah kemampuan angkatan laut India menjadi kekuatan terbesar-multiplier untuk melawan masuknya angkatan laut Cina ke Samudera Hindia.

























Kapal selam Chakra INS II dengan awak 100 personil menempuh perjalanan laut selama lima minggu sejauh kurang lebih 5.000 km dari Vladivostok, di Timur Jauh Rusia menuju Visakhapatnam, Bengal India dimana kapal berlabuh. rute perjalanan kapal selam melewati Jepang, Cina, Filipina dan kepulauan Indonesia. Itu adalah demonstrasi pertama yang menunjukan
ketahanan tak terbatas kapal selam tersebut.

"kita hanya mendapatkan satu sedangkan kita membutuhkan setidaknya delapan kapal selam tersebut," kata analis urusan strategis Laksamana (retd) Raja Menon.

Kapal selam ini didukung oleh sebuah reaktor nuklir yang memberikan kekuatan yang sangat besar dan daya tahan. Namun demi menyesuaikan dengan perjanjian anti persenjataan nuklir, INS Chakra II tidak akan membawa persenjataan nuklir melainkan hanya akan membawa misil biasa.






































Kapal selam berbobot mati 8.140 ton awalnya diberi nama K-152 Nerpa. Kapal selam ini mampu menyelam selama tiga bulan tanpa harus khawatir kehabisan bahan bakar.
Sebelumnya kapal selam ini akan diserahkan pada 2009 lalu namun penyerahan terpaksa diundur karena muncul kesalahan teknis saat melakukan uji coba.
India kini tengah mengembangkan kapal selam nuklirnya sendiri, yang dinamakan Arihant. Kapal selam itu diharapkan bisa dioperasikan akhir tahun ini.
Rusia diharapkan bisa memberi bantuan pelatihan bagi awak Arihant kelak.
Rusia telah menjadi sekutu lama India dimana 70% persenjataan India dipasok dari Rusia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Unik tapi Nyata Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger