Rabu, 21 Desember 2011

Penilaian Reformasi Birokrasi Gunakan Sistem Online

JAKARTA - Mulai tahun depan, seluruh kementerian/lembaga (K/L) yang telah melaksanakan reformasi birokrasi dan menerima tunjangan kinerja (remunerasi) akan melakukan penilaian secara on line. Saat ini, baru lima 5 K/L yang sudah selesai dinilai oleh tim quality assurance (QA).

Itu pun baru BPK yang sudah dinilai semuanya. Sedangkan evaluasi atas empat institusi lainnya yaitu Kemenkeu, MA, Menpan-RB, dan Setneg, hanya diambil sampling saja. Sisanya, 11 K/L, dilakukan pada 2012

"Akhir 2012 kita harapkan K/L sudah bisa melakukan penilaian mandiri (self assesment on line). Lewat metode ini, setiap instansi dapat menilai sendiri berdasarkan standar yang sudah ditetapkan," ujar Deputi Program dan Reformasi Birokrasi Kemenpan-RB Ismail Mohamad dalam workshop reformasi birokrasi untuk wartawan, di Jakarta, Selasa (20/12).

Dijelaskannya, self assessment on line standar bakunya sudah ditetapkan Tim Reformasi Birokrasi Nasional dan Quality Asurance (QA). Nantinya, setiap pejabat akan menilai kinerja pegawainya berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan tersebut. Dari hasil penilaian masing-masing instansi (K/L) ini kemudian bisa diakses oleh tim RB nasional dan QA sebagai dasar evaluasi nanti.

"Kalau tim QA harus turun ke semua K/L kan tidak mungkin karena butuh dana besar dan waktu panjang. Itu sebabnya, masing-masing K/L melakukan penilaian sendiri (metode elektronik/komputerisasi). Karena sistemnya online, tim QA dan RB nasional bisa memantaunya," tutur Ismail.

Adapun 16 K/L yang akan melaksanakan self assesment online tahun depan tersebut adalah Kemenkeu, MA, BPK, Setkab, Setneg, Kemenko Perekonomian, Kementerian PPN/Bappenas, BPKP, Kemenko Polhukam, Kemenko Kesra, Kemenhan, TNI, Polri, Kemenpan-RB, Kejagung, dan Kemenhum dan HAM. (Esy/jpnn)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © Unik tapi Nyata Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger